Mengeksplorasi Multiple Intelligence Untuk Siswa Sekolah Dasar

Setiap anak memiliki potensi dan kecerdasan yang unik. Di era pendidikan yang berpusat pada siswa, penting bagi sekolah untuk mengenali dan memupuk multiple intelligence setiap siswa. Multiple intelligence dikembangkan oleh psikolog Howard Gardner pada tahun 1983, menawarkan pendekatan holistik dalam menghargai keberagaman bakat dan kemampuan anak. Ia mengemukakan bahwa kecerdasan manusia dibedakan menjadi delapan jenis.

Dari penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa tes IQ bukan satu – satunya indicator kecerdasan pada anak. Dalam Multiple intelligence mempercayai bahwa anak – anak bisa belajar dengan berbagai macam cara. Gardner mengidentifikasi delapan jenis kecerdasan, termasuk kecerdasan verbal-linguistik, logika-matematika, kinestetik-tubuh, visual-ruang, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis.

Bagaimana Cara Mengeksplorasi multiple intelligence Untuk Siswa Sekolah Dasar

Pada tingkat sekolah dasar, ini adalah saat yang pas untuk mengeksplorasi dan mengembangkan berbagai kecerdasan pada setiap anak. Ada 6 cara dalam menumbuhkan multiple intelligence dalam sekolah dasar, yaitu :

  1. Identifikasi dan Pemahaman Kecerdasan Majemuk

Guru dan pendidik perlu memahami konsep kecerdasan majemuk serta jenis-jenis kecerdasan yang diakui oleh Howard Gardner. Mengenal dan mengidentifikasi kecerdasan dominan pada siswa akan membantu dalam merencanakan pengalaman belajar yang sesuai.

  1. Pembelajaran Beragam

Saat merencanakan pengajaran, gunakan metode dan strategi yang beragam untuk mencakup berbagai kecerdasan. Misalnya, melibatkan aktivitas fisik untuk siswa dengan kecerdasan kinestetik-tubuh, menggunakan gambar dan visualisasi untuk siswa dengan kecerdasan visual-ruang, atau memadukan musik dan ritme dalam pembelajaran untuk siswa dengan kecerdasan musikal.

  1. Pengembangan Proyek dan Aktivitas Kolaboratif

Ajak siswa untuk bekerja dalam kelompok atau tim untuk mengerjakan proyek atau tugas yang melibatkan berbagai jenis kecerdasan. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk saling belajar dan memanfaatkan kekuatan individu mereka.

  1. Fleksibilitas dalam Penilaian

Selain penilaian yang tradisional seperti tes tertulis, bisa dipertimbangkan untuk penilaian yang lebih fleksibel dan kreatif seperti membuat proyek kreatif, presentasi lisan, portofolio karya, atau penilaian sejawat (peer assessment). Dengan memberikan berbagai bentuk penilaian, siswa dengan berbagai jenis kecerdasan akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menunjukkan potensi mereka.

  1. Kegiatan Ekstrakurikuler

Tawarkan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam yang memungkinkan siswa mengeksplorasi multiple intelligence mereka di luar jam pelajaran. Ini bisa termasuk klub seni, paduan suara, teater, olahraga, eksperimen alam, atau klub lingkungan. Dengan memperluas cakupan kegiatan di sekolah, siswa dapat menemukan kecerdasan mereka yang belum tergali sebelumnya.

  1. Kolaborasi dengan Orang Tua

Libatkan orang tua dalam mendukung pengembangan multiple intelligence siswa. Berbagi informasi tentang konsep kecerdasan majemuk dan memberikan saran untuk mendukung pengembangan kecerdasan di rumah. Orang tua juga dapat memberikan masukan tentang kecerdasan dominan yang mereka perhatikan pada anak mereka.

Dengan 6 cara ini untuk menumbuhkan multiple intelligence ini , siswa akan merasa dihargai dan termotivasi untuk belajar dengan cara yang sesuai dengan kecerdasan mereka. Semoga bermanfaat !

Leave a Comment